Sunday, 29 November 2009

Browser Alternatif K-meleon

Pasti kegiatan yang sering kita lakukan ketika berinternet ria kebanyakan adalah browsing, kemudian disusul chating dan game online. Namun tahukah anda bahwa kecepatan dari browsing tidak hanya ditentukan oleh kecepatan akses internet saja, namun browser yang kita gunakan juga sangat menentukan. Hal ini disebabkan oleh penerapan dari engine ataupun penggunaan memori, kapasitas hardisk maupun cpu ketika browser beroperasi.

Contohnya, browser IE terbaru hanya membutuhkan alokasi hardisk 6 MB, namun apabila kita pantau melalui task manager akan memakan sekitar 30 MB alokasi RAM. Mungkin anda sudah terbiasa menggunakan browse firefox, pada versi 3 ketas firefox memakan alokasi hardisk dan RAM yang lebih banyak dibandingkan dengan IE yaitu sekitar 32 MB untuk RAM. Memang berselancar menggunakan firefox lebih cepat dibandingkan dengan IE 8, hal ini dikarenakan sudah di integrasikannya engine gecko rendering yang membuat render website lebih cepat.

Untuk alternatifnya anda dapat menggunakan browser K-Meleon, aplikasi open source ini berukuran 5,5 MB untuk instalernya sedangkan ketika dijalankan hanya memakan RAM sebesar 18 MB. Browser ini juga sudah di integrasikan engine gecko rendering sehingga dapat mempercepat rendering website.

Nama software : K-meleon
Link : http://kmeleon.sourceforge.net
License : freeware

Ditulis Oleh : khoiril anwar // 17:31
Kategori:

0 komentar:

Post a Comment