Friday, 4 December 2009

Dada Ibu Tempat Paling Nyaman untuk Bayi

Jakarta, Dimanakah tempat yang benar-benar nyaman untuk seorang bayi? Ternyata bukanlah tempat yang jauh atau mahal, tapi cukup dengan meletakkan bayi di dada sang ibu saja. Dada ibu memberikan suhu yang sesuai kebutuhan sang bayi.

"Kulit ibu itu memiliki kemampuan untuk menyesuaikan suhu tubuhnya dengan suhu yang dibutuhkan oleh bayinya (thermoregulator thermal synchron)," ujar dr Utami Roesli, SpA, IBCLC, FABM dalam acara talkshow "Di Balik Kematian Bayi dan Balita dalam rangka Hari Kesehatan Nasional 2009" di JCC, Jakarta, Jumat (4/12/2009).




Utami menambahkan jika bayi merasa kedinginan maka secara otomatis suhu tubuh ibu akan meningkat sebesar 1 derajat celcius. Begitupun saat bayi merasa panas maka subuh tubuh ibu akan turun 1 derajat celcius. "Jadi nggak masalah kalau bayi berada beberapa jam didada ibunya," ungkap ketua Sentra Laktasi Indonesia.

Selama ini banyak sekali bayi yang harus dipisahkan dari ibunya saat baru dilahirkan, padahal tidak ada tempat yang bisa memberikan bayi kenyamanan seperti dada ibunya. Maka itu kini sedang gencar digalakkan aksi inisiasi menyusu dini (IMD), yakni bayi yang baru lahir harus berusaha menyusu sendiri dan menemukan puting susu ibunya sambil diletakkan di dada ibu. Dengan begitu akan terjadi kontak kulit antara ibu dan bayinya, tapi juga menjadi tempat yang paling nyaman untuk si bayi.

Tanpa disadari bayi pada usia beberapa menit dapat merangkak sendiri ke arah payudara ibunya dan menyusu sendiri. Saat bayi tersebut bergerak, kakisang bayi akan menekan perut ibu.

"Sebenarnya bagian yang ditekan oleh bayi itu tepat di atas rahim dan ini sangat berguna sekali untuk mengurangi pendarahan yang dialami oleh si ibu," ujar dokter yang lulus dari FK Unpad Bandung pada tahun 1972.

Selain itu bayi juga menggunakan bau di tangannya untuk membantunya mencari dimana letak puting sang ibu. Karena bau tangannya sama dengan bau dari cairan yang ada di payudara. Jadi saat bayi diletakkan di dada dan merasa nyaman, maka bayi akan lebih mudah untuk merangkak sendiri menuju puting payudara ibu.

Jika bayi sudah menemukan tempat yang nyaman untuk dirinya, maka lengkapilah ia dengan standar emas makanan bayi. Standar emas ini meliputi IMD dan rawat gabung antara ibu dan anak, pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan, memberikan makanan pendamping ASI setelah berusia 6 bulan serta usahakan tetap memberikan ASI hingga anak berusia 2 tahun.

Agar bayi tetap merasakan kenyamanan serta aman, sebaiknya bayi tidur satu ranjang dan berada disamping ibunya terutama saat tidur di malam hari.

Ditulis Oleh : khoiril anwar // 17:24
Kategori:

0 komentar:

Post a Comment