Wednesday, 6 January 2010

Mengenal tampilan dari halaman admin blogspot

Setelah pada tutorial sebelumnya kita belajar bagaimana mendaftar di blogspot, selanjutnya tutorial kali ini membahas tampilan dari halaman admin. Halalaman admin pada blogspot hanya bisa diakses oleh pemilik dari blog tersebut. Berikut ini cara mengakses halaman admin blogspot anda.




1. Buka www.blogspot.com di browser favorit anda, kemudian masukkan email yang telah anda daftarkan dan password di form yang disediakan kemudian enter





2. Selanjutnya anda akan disajikan halaman utama yang disebut dengan dasboard. Pada halaman ini anda diperbolehkan membuat lebih dari satu blog dengan satu account (untuk mempermudah maintenancenya) dengan cara mengklik create a blog. Penjelasan link :
  • View blog (untuk melihat blog)
  • New Post (menambahkan tulisan baru kita)
  • Edit posts (mengedit tulisan yang pernah ditulis sebelumnya)
  • Settings (Mengubah setingan blog anda)
  • Layout (Mengedit tampilan blog kita)
  • Monetize (digunakan bila kita kerja sama amazon)




A. Menambahkan Posting (Tulisan) Baru
Untuk menambahkan tulisan baru di blog kita, anda bisa memilih new post


Tulisan jundulnya di form title, dan isinya di form bawahnya. Anda bisa memanfaatkan editor yang disediakan oleh blogspot. Editor yang disediakan secara default adalah yang versi lama, untuk mengubahnya ke versi yang lebih baru anda bisa menuju settings --> pada select post editor, pilih updated editor --> pilih save settings.

Untuk menampilkan tulisan yang ringkas saja, semisal pengunjung hanya disajikan beberapa kalimat saja anda bisa menggunakan icon
Untuk memotong tulisan anda.



Sedangkan untuk mengedit tulisan yang telah anda edit sebelumnya anda bisa memilih edit posts


Klik edit pada tulisan yang ingin di edit, kemudian silahkan merubahnya. Setelah selesai anda bisa mengklik publish post.

Mungkin itu sedikit yang bisa saya bahas, artikel selanjutnya kita akan bahas tentang layout blogspot kita (Mengubah tampilan dari blog kita)

Ditulis Oleh : khoiril anwar // 00:48
Kategori:

0 komentar:

Post a Comment