Tuesday, 5 January 2010

Yuk buat blog di blogspot

Blog adalah kependekan dari Weblog, istilah yang pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinyu dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri.

Secara garis besar, Weblog dapat dirangkum sebagai kumpulan website pribadi yang memungkinkan para pembuatnya menampilkan berbagai jenis isi pada web dengan mudah, seperti karya tulis, kumpulan link internet, dokumen-dokumen(file-file WOrd,PDF,dll), gambar ataupun multimedia.
Para pembuat blog dinamakan Blogger. Melalui Blognya, kepribadian Blogger menjadi mudah dikenali berdasarkan topik apa yang disukai, apa tanggapan terhadap link-link yang di pilih dan isu-isu didalamnya. Oleh karena itu Blog bersifat sangat personal.

Perkembangan lain dari Blog yaitu ketika Blog memuat tulisan tentang apa yang seorang Blogger pikirkan, rasakan, hingga apa yang dia lakukan sehari-hari. Blog kemudian juga menjadi Diary Online yang berada di Internet. Satu-satunya hal yang membedakan Blog dari Diary atau Jurnal yang biasa kita miliki adalah bahwa Blog dibuat untuk dibaca orang lain.


Tapi tulisan kali ini tidak akan membahas panjang lebar mengenai sejarah ataupun pengertian blog lebih mendalam. Ada dua website yang terkenal menyediakan layanan blog secara gratis yaitu :

1. www.blogspot.com

2. www.wordpress.com

Terus mana yang perlu di pilih ? kedua layanan tersebut memberikan fasilitas yang cukup berimbang. Namun jika anda ingin mengikuti program seperti PPC (pay per click) dimana anda akan mendapatkan bayaran setiap ada orang yang mengeklik iklan yang anda pasang iklan pada blog anda, saya sarankan untuk memilih layanan yang disediakan oleh google yaitu blogspot.com. Di wordpress kita tidak di izinkan untuk memasang iklan, bahkan untuk membuat link ke situs yang berhubungan dengan periklanan kita tidak di izinkan.

Untuk itulah kenapa saya lebih menganjurkan untuk menggunakan layanan yang disediakan oleh google. Untuk memulai membuat blog di google ada baiknya kita mempunyai alamat e-mail di gmail terlebih dahulu.


Berikut langkah-langkah membuat blog di blogspot :
1. buka alamat www.blogspot.com
2. kemudian klik buat blog


3. Langkah selanjutnya kita akan diminta untuk membuat account di blogspot, masukkan apa yang diminta di form yang sudah disediakan

4. Langkah selanjutnya memberi nama blog anda

5. Kemudian kita diminta untuk memilih template yang sudah disediakan oleh blogspot.

Trara blog anda sudah jadi dengan nama yang sudah anda buat. Selanjutnya kita bisa menulis posting di blog kita, mau nulis apa? Itu tergantung kemampuan anda jika anda hobi dengan komputer tulis aja tentang komputer. Artikel selanjutnya kita akan mengenal tampilan halaman admin di blogspot

Ditulis Oleh : khoiril anwar // 17:29
Kategori:

0 komentar:

Post a Comment