Thursday, 25 February 2010

Berusaha dan berusaha

Sebuah judul yang saya dapatkan dari membaca sebuah majalah komputer, penulis mengisahkan tentang beberapa orang yang berhasil dalam hal financial. Salah satunya adalah bill gates, bill gates yang kita kenal sebagai bosnya Microsoft pada saat kelas 1 smp tergila-gila dengan dunia pemprogrman, dan terus belajar untuk memprogram komputer. Itulah sebabnya dia sangat berhasil di dunia TI.

Tahukah kalian seorang penyanyi legendaries “the beatles” ternyata sebelum terkenal menjadi penyanyi legendaries mereka pernah mengamen di hamburg jerman dari tahun 1960 sampai 1964. Mereka menghabiskan waktu 10.000 jam untuk berlatih musik. Itulah kenapa mereka menjadi fasih mencipta dan bermain musik?




Tahukah kalian siapa penemu lampu pijar sehingga dunia dapat menikmati karyanya? Yang dialah Thomas alva Edison. Tahukah kalian berapa banyak uji coba yang dia lakukan sehingga dia merhasil menemukan lampu pijar? Dia melakukan ribuan experiment untuk menemukan lampu pijar tersebut, dan baru sekian ribu kali experiment dia yang mengantarkan dia menjadi penerang dunia dengan lampu pijarnya. Coba saja dia menyerah di experiman yang ke 1000 ? tentu saja dia tidak akan menjadi penemu tuh lampu.

Ngak usah jauh-jauh deh, di Indonesia contohnya. Ada seorang pengusaha yang bernama bob sadino. Tahukah anda bahwa dia hanya lulusan SMA. Bob sadino bahkan pernah menjadi supir taksi, dan bahkan pernah menjadi kuli bagunan kala itu. Lalu dia diajak untuk berbisnis jualan telur oleh temannya. Diapun sempat memasarkan telur dari rumah ke rumah. Akhirnya diapun menjadi seorang wirausahawan dalam bidang pertanian yang sukses

Saya teringat sebuah hadits yang dibawakan oleh Rasulullah shalallahu alaihi wassalam yang berbunyi

“Allah tidak akan merubah suatu kaum sampai kaum tersebut mau merubah dirinya”

Hadits yang sangat mulia, mengajarkan kepada manusia untuk berusaha mengubah dirinya sendiri dengan berusaha. Alangkah tidak mungkinnya ada manusia malas yang sukses.

Bahkan Rasulullah sendiri berusaha dengan sangat keras untuk mengubah umat yang ada di makkah pada saat itu, bahkan sebelum diturunkannya wahyu Allah beliau senantiasa memikirkan kerusakan kaum quraish pada saat itu dengan menyendiri di gua hira. Begitu banyak usaha-usaha Rasulullah yang tidak pernah kenal menyerah untuk menyampaikan risalah Allah. Tidak heran mengapa pada saat ini kita bisa menikmati indahnya agama yang dibawa oleh Rasulullah.



Seandainya saja ketika para pemuka quraish ketika menawari Rasulullah dengan harta, tahta dan wanita, beliau menerima. Maka kita tidak bisa menikmati indahnya islam. Namun karena kesungguhan beliau beliau menolaknya seraya mengatakan seandainya mereka (kaum quraish) bisa memberikan matahari dan bulan seraya meletakkan di tangan kanan dan kirinya Rasulullah tetap menolaknya.

Orang-orang yang berhasil bukanlah dari golongan orang-orang yang terlahir dengan IQ yang jenius, namun dari usaha mereka yang berusaha dengan sunguh-sunguh dalam melakukan sesuatu. Terlahir jenius adalah anugerah yang diberikan Allah, namun bukanlah satu-satunya factor untuk sukses.

Namun jangan lupakan untuk berdoa di setiap usaha-usaha yang kita lakukan. Manusia hanya bisa berusaha dan berdoa, sedang hasilnya kita serahkan kepada Allah.


Ditulis Oleh : khoiril anwar // 01:32
Kategori:

0 komentar:

Post a Comment