Friday, 14 September 2012

New Project "Sistem Informasi Manajemen for School"

Sebenarnnya bukan proyek yang baru-baru amat, namun sudah berjalan sekitar 4 bulan yang lalu. Berawal dari beratnya beban ngajar yang mencapai 12 kelas (24 jam seminggu) plus saya harus menghandle jaringan di sekolah saya, menangani web, maintenance lab komputer dan komputer yang ada di area  sekolah ane (waduh kayak superman pokoknya tugasnya). Bayangkan saya harus menghandle sebanyak 300 siswa, coba kalau pas ulangan bareng kita akan disibukkan oleh ngoreksi dan ngoreksi ulangan siswa. Inipun saya alami sebelumnya. Pikir saya, waduh kapan bisa berkarya yang lain kalau gitu.


Akhire dengan inisiatif sayapun membuat sebuah program untuk mempermudah pekerjaan saya. Program yang saya namai Sistem Informasi Manajemen for School ini berguna untuk menyampaikan materi ataupun soal secara terpusat. Cara kerjanya begini :

1. Siswa login menggunakan NIS yang sudah di daftarkan

2. Selanjutnya Siswa akan ditampilkan materi maupun soal yang sudah dibuat oleh guru sebelumnya
Tugas ataupun Ulangan siswa 

Materi yang diberikan

Untuk penugasan saya membagi dalam 3 jenis, yaitu : Pilihan ganda, Tulis, dan praktek. Untuk pilihan ganda guru tidak perlu melakukan koreksi. Namun program sudah mengkoreksinya otomatis (jumlah soal bebas). Sedangkan untuk tulis dan praktek guru masih harus mengoreksi


Tampilan soal pilihan ganda (urutan soal untuk tiap siswa tidak sama)


Tampilan soal praktek

Tampilan soal isian

Untuk proses koreksi maupun nilai-nilai dari siswa sudah otomatis tersimpan di database dan akan ditampilkan di halaman admin dari guru yang bersangkutan

Tampilan login guru


Tampilan nilai siswa

Tampilan koreksi tugas


Tampilan koreksi tugas praktek


Tampilan koreksi tugas isian


Pengalaman keuntungan menggunakan program ini :

1. Tidak menggunakan kertas dalam setiap tugas maupun ulangan sehingga menghemat biaya dan waktu .
Biaya : Bayangin aja kalau tiap tugas dan ulangan kita harus mencetak, berapa biaya yang harus dikeluarkan hayo. Kasihan juga para orang utan (nah lo opo hubunganya sama orang utan) soalnya kertas kan dari pohon terus kalau pohone ditebangi orang utanya nanti pindah kerumah kita kan ndak aneh. Hehehe

Waktu : dulu sebelum pakek program ini pagi-pagi saya harus dateng dan ngeprint tugas or ulanganan, belum lagi kalau printernya lagi ngambek, waduh repot dah. Kalu sekarang wes ndak repot-repot ngurusin printer

2. Mempermudah guru untuk mengoreksi
Nah ini yang paling saya sukai, apalagi kalau pas lagi ulangan pilihan ganda. Gurunya tinggal ngawasi doang nilai sudah terkumpul ostomatis eh otomatis. Ataupun kalau kita harus ngoreksi ndak usah repot-repot bawak koreksian kertas or buku siswa. Cukup laptop kita kan.

3. Lebih mudah mengontroll nilai siswa. 
Siswa bisa langsung melihat nilainya sendiri. Jadi jika ada kekurangan nilai maka siswa tinggal melengkapi nilai tersebut. Melatih mandiri lah untuk para siswa 

4. Penyampaian materi lebih variatif dan bisa diakses oleh para siswa
Karena menggunakan sistem web based maka siswa bisa bareng-bareng mengakses materi yang kita buat. Materipun tidak terikat teks dan gambar saja. Tapi bisa kita lengkapi dengan video maupun animasi. Lebih menarik bukan...?

5. Pembuatan profile siswa lebih mudah
Di sekolah saya setiap UAS selesai maka para guru diwajibkan untuk membuat profile untuk tiap siswanya yang berisi tentang materi yang diajarkan beserta nilainya. Nah dengan program ini profile akan terbuat ketika kita mengoreksi soal-soal siswa. Jadi ndak makan waktu lah

Kerugianya sekarang ya.
1. Lampunya mati
Kalau lampunya mati ya ndak bisa ngapa-ngapain deh. Program ini ndak berguna deh jadinya

2. Setiap murid harus menggunakan komputer
Karena mengakses program ini menggunakan komputer maka idealnya setiap siswa harus memakai komputer sendiri-sendiri

3. Biaya untuk membangun
Butuh biaya ya mesti, membangun jaringan, penyedian LAB, software dll

4. Guru harus bisa komputer
La iya dong, kalau gurunya aja ndak pernah pegang komputer ya malah jadi beban nih program

Bagan jaringanya sekarang

Apa aja yang kita butuhkan :
1. Server komputer yang udah di instal webserver (bisa pakek laptop gurunya)
2. Komputer yang terhubung kejaringan kabel (wired) dan non kabel (wireless)
3. Software ini dah

Itu aja mungkin yang harus disediakan. Sebetulnya mau saya sertakan sekalian file softwarenya namun karena masih dalam uji coba dan belum sempet upload, jadi nanti aja menyusul untuk softwarenya ya. Insyaallah, semoga Allah memudahkan.

Sekian dari saya, silahkan kontak-kontak kalau ada ide yang lain atau saran. Akhirnya dah ngantuk nih, mau tidur dulu deh







Ditulis Oleh : khoiril anwar // 07:49
Kategori:

1 komentar: