Tuesday, 12 February 2013

Uji coba sms gateway dengan 3 modem sekaligus

Hari ini dapat pinjaman modem huawei model E1552 dari seorang teman, sebelumnya memang sudah memiliki dua modem. yang pertama prolink model PHS101 dan huawei model E173. Sebelumnya sudah kami lakukan uji coba untuk dua modem dan berhasil, hari ini saya berkesempatan untuk menguji coba SMS gateway 2.0 dengan 3 modem sekaligus. Dalam penambahan modem yang ketiga ternyata adalah kesalahan script, sehingga menyebabkan ketika proses identify modem terjadi kegagalan. Ternyata ada satu script yang belum sempat dirubah. Setelah di otak-atik beberapa saat akhirnya berhasil juga.




Proses penambahan pun cukup mudah, silahkan baca artikel kami tentang proses penambahan modem http://ikhwaniril.blogspot.com/2013/02/sms-gateway-20-kini-support-lebih-dari.html . proses pengujianpun berjalan lancar. Untuk membedakan di inbox dalam hal penerimaan sms diberikan icon untuk tiap-tiap modem.

gambar Tampilan inbox untuk pengiriman dan penerimaan menggunakan 3 modem

Penulis juga melakukan pengujian untuk melakukan polling yang telah dibuat sebelumnya. Dan autorespond pun berjalan dengan baik, yaitu akan memproses dan membalas berdasarkan nomer mana yang digunakan untuk mengirimkan sms balasan dari autorespond.

Gambar uji coba menggunakan 3 modem sekaligus


Untuk cek pulsa berhasil untuk modem huawei dengan model E173, sedangkan untuk Huawei model E1552 dan prolink model PHS101 Tidak berhasil. Kami belum menemukan alasan kenapa tidak semua modem bisa digunakan untuk cek pulsa di gammu.

Bagi pembeli yang telah mendapatkan update sms gateway 2.0 support lebih dari 1 modem silahkan download patch berikut untuk mengatasi permasalahan ketika menambahkan modem lebih dari 2. Patch ini juga memperbaiki sistem penghapusan modem yang telah terinstal sebelumnya. Silahkan extract dan tempatkan di folder tempat sms gateway anda di instal

download patch

Ditulis Oleh : khoiril anwar // 06:20
Kategori: