Wednesday, 27 March 2013

Uji coba SMS gateway 2.1 menggunakan modem poll 16 port

Hari senin (25 maret 2013) saya dikirimi oleh konsumen kami yang berbaik hati meminjamkan modem poll 16 portnya. hari senin langsung kami uji coba, namun ada sedikit kendala ketika melakukan uji coba keneksi dengan gammu. Muncul pesan dengan isi  "Error setting device speed. Maybe speed not supported.". Setelah bereksperimen dengan mengotak atik konfigurasi file gammurcnya akhirnya ditemukanlah solusi. Konfigurasi file smsdrc ada sedikit yang dirubah, yaitu perlu dikasih enter dibawahnya file konfigurasi.


Beberapa perbaikan juga kami tambahkan untuk menambahkan modem baru, jika sebelumnya maximal modem yang di support adalah 6 modem, maka pada sms gateway ini bisa lebih dari 6 modem. Jumlahnya berapa ? unlimited (secara teori). Penulis baru menguji coba sampai 16 modem saja. berikut gambar modem yang kami test.


Proses penambahan modempun sangat mudah, ketika tinggal mengikuti instruksi dari form penambahan modem yang disediakan. Dalam pengujian pengiriman dan penerimaan sms kami menggunakan kartu im3, berikut laporan pengiriman test sms tiap modem, masing-masing modem diwakili oleh gambar icon (1, 2, 3, dst)


Berikut hasil yang dikirimkan ke nomer saya (maaf gambarnya agak kabur)



Berikut hasil balasan dari hp saya ke tiap-tiap modem yang digunakan


Berikut form ketika mengirimkan sms



Ditulis Oleh : khoiril anwar // 21:26
Kategori: