Monday, 7 April 2014

INSTAL CUSTOME ROM LEWA OS 5 14.01.24 ANDROMAX U LE

Jika sebelumnya saya pernah memposting tentang menginstal custome ROM MIUI di andromax ULE maka kali ini saya akan memberikan tutorial instalasi untuk ROM Lewa OS. Sebelum kita memulai melakukan instalasi ROM ini, ada baiknya kita bahas terlebih dahulu untuk ROM Lewa OS.


LeWa atau Le Frog Technology, terbentuk pada April 2011 dan berlokasi di Shanghai Zhangjiang, merupakan project development yang berfokus pada pengembangan sistem operasi lokal berbasis platform Android untuk ribuan pengguna ponsel. Beberapa bulan kemudian, Le Frog Technology mendapat kucuran modal kurang lebih sebesar 20juta Yuan dari angel investor  bernama sonhwa Capital. Dan pada Agustus 2011, tercatat dalam daftar 50 investasi terbaik dalam internet mobile di Cina, serta memenangkan penghargaan di kompetisi 50 Pengusaha “Kuda Hitam” pada Desember 2011.











Tim Le Frog memiliki kemampuan dalam riset dan pengembangan ponsel pintar serta  berpengalaman dalam user experience design, dan sampai saat ini telah menyediakan software ROM yang dapat didownload untuk ribuan ponsel pintar. Le Frog telah mempunyai ribuan penggemar yang juga diajak untuk bersama-sama mengembangkan produknya dengan cara memberikan feedback(pengalaman) mereka selama menggunakan produk Le Frog. Hasilnya, produk mereka sekarang sudah dikenal luas dan mendapat dukungan dari semua pembuat chip, perusahaan desain ponsel, ODM integratori, serta sudah di kenal baik sebagai merk lokal serta operator lokal. Le Frog berpedoman pada konsep “keterbukaan, kerjasama, dan strategi win-win solution”, dimana mayoritas industri ponsel dan industri internet saling bekerjasama untuk memberikan produk OS dan layanan internet mobile yang terbaik kepada ribuan pengguna ponsel.


ROM Lokal Negeri Tirai Bambu

Di Negeri tirai bambu sana-China, ROM ini sudah mendapatkan posisi tempat teratas ROM favorit selain MIUI dan yang lainnya, ROM ini juga sudah banyak beredar versi portingnya di XDA Developer. Kehebatan komunitas, vendor dan investor di China lah yang membuat ROM ini maju demikian pesat dan banyak digemari berbagai kalangan, It’s fast, smooth, functional and beautiful framed.BukaKotak telah menguji ROM LeWa ini mulai versi 4.x di ponsel pintar Lenovo P770 dan S890, LeWa versi 4.x dibuat based on Android Jelly Bean 4.1.x, memang nampak sekali bagaimana cepatnya performa P770/S890 dibuatnya, berjalan smooth tanpa lag, semua fungsi berjalan normal dan dengan dukungan fitur theme maka lengkap-lah ROM LeWa tampil secara indah menawan.
Sebelumnya, kita lebih mengenal ROM MIUI dari China yang simply amazing, sebuah sistem Android yang benar-benar berbeda dengan kebanyakan lainnya. Bahkan developer lawas seperti Cyanogen pun menggaguminya, sehingga mereka bertukar informasi teknologi untuk menyematkan fitur-fitur baru di ROM mereka masing-masing.
Kini sejak April 2011, kita mempunyai pilihan selain MIUI, banyak kendala implementasi MIUI di ponsel pintar Android yang tidak didukung secara resmi oleh ROM MIUI. Apalagi ponsel pintar Android Dua Kartu, ROM MIUI tidak akan berjalan baik di ponsel Android yang mempunyai sistem dua kartu, walau secara fungsi dia berjalan tetapi secara tampilan akan hanya tampil satu signal bar, untuk bug semacam ini tim developer masih berusaha memperbaikinya, dan sekarang seperti kita ketahui MIUI merupakan standar versi Android yang ditanam di ponsel Android brand Xiaomi, untuk selanjutnya mari kita kupas tuntas fitur-fitur ROM LeWa…

User Experience / User Interface

——————————————————–

Lockscreen, Home & Notification

Secara umum kita akan melihat tampilan yang benar-benar mirip dengan ROM MIUI, Lock Screen masih dengan tampilan umum dengan pilihan unlock ke Home, SMS, Phone atau Camera, ada animasi lingkaran yang berwarna biru saat charging baterai. Desktop Home LeWa juga masih mirip MIUI, tetapi bedanya LeWa mempunyai App Drawer (Halaman khusus aplikasi terinstall), dinotifikasi bar juga ada beberapa shortcut tombol yang bisa diatur untuk memudahkan proses ON OFF atau menjalankan sebuah fungsi ponsel android.
 

Home Launcherada beberapa pilihan desktop transition effect saat scrolling halaman Home seperti  mode Tablet, Zoom, Cube, Rotate, dan Stack. Layoutlayar Home bisa 4×4 atau 4×5 untuk posisi icon, gesture satu jari dihalaman Home bisa kita lakukan, swipe down untuk menurunkan notifikasi dan swipe upuntuk membuka App Drawer.
Sayangnya App Drawer tidak memberikan banyak pilihan, urutan aplikasi berdasarkan waktu aplikasi terinstall tidak bisa dikustom berdasarkan abjad atau kategori aplikasi. Dan selebihnya hanya ada halaman Drawer Intelligent Recommendation yaitu halaman drawer untuk aplikasi yang direkomendasi oleh LeWa.

Phone, Contact & Messaging

Interaksi dan navigasi pada umumnya masih sama dengan versi Android lainnya, tap, tap and hold, swipe dan slide. Namun khusus untuk aplikasi Phone, Contact dan Messaging yang jadi satu dalam satu aplikasi memberikan interaksi yang unik kepada user, di aplikasi tersebut kita harus men-swipehalaman aplikasi ke kiri atau kanan untuk masuk ke Phone, Contact atau Messaging. Hmm, ini sih masih biasa, betul? Di Google Play Store ada app sejenis.
 

MUSIC

Aplikasi Music LeWa mempunyai 4 halaman utama, yaitu halaman All Songs, Online Music, Most Played dan Folders, serta terdapat satu buah tombol Playlist untuk membuat halaman Playlist. Aplikasi Music LeWa support Shake to Skip, Equalizer, Lyric dan Artwork.
 

THEME

Android tanpa theme tentu suatu saat akan membosankan, untungnya LeWa mengantisipasi hal ini. Element-element yang dapat diubah melalui aplikasi Theme ini tidak hanya sebatas icon saja, tetapi notifikasi, halaman Setting, kotak dialog, menu dan lain-lain dapat diubah warnanya serta font juga bisa diganti. Lebih detailnya, Theme ini bisa mengganti Desktop Wallpaper, Lockscreen Wallpaper, Live Wallpaper, Icons, Fonts, Lockscreen dan System app.
 

Berikut bug dari ROM ini yang menurut saya tidak terlalu menggangu
  • Lampu softkey terkadang mati sendiri.
  • GPS agak lama lock-nya. (sudah ada fix nya, lihat dibawah)
  • USB Mass Storage dan USB MTP tidak lancar. (ada yang bug ada yang lancar-lancar saja seperti saya :D )
  • Lampu LED tidak cocok. (ketika charging warna LED merah, bukan kuning)
  • Cuma support bahasa Inggris dan Cina.
Oke langsung saja eksekusi. Syaratnya seperti biasa, HH Anda sudah terinstall CWM. Sebelumnya siapkan bahan-bahan berikut.
*Note : GAPPS untuk menginstall aplikasi dari google seperti Play Store, MAPS, Google Search, dll.

Selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut:
  1. Download bahan-bahan di atas, kemudian masukkan ke SD Card.
  2. Matikan HH Anda kemudian masuk ke CWM (power dan vol up). Backup ROM Anda kalau perlu.
  3. Silakan lakukan full wipe. Wipe data / factory reset, wipe cache partition, dan wipe dalvik yang ada di menu advanced.
  4. Pilih Install zip - choose zip from sd card, pilih file LEWA ROM yang telah Anda download tadi.
  5. Loh kok error? Jika Anda mengalami masalah seperti ini silakan reboot dahulu recoverynya di menu advanced - reboot recovery, kemudian ulangi langkah ke-4. Jika tidak menemui masalah langsung saja menuju langkah ke-6.
  6. Pilih reboot to system. Booting ini agak lama, silakan tunggu sampai benar-benar masuk home screen.
  7. Setelah selesai matikan lagi HH Anda dan masuk ke CWM lagi.
  8. Pilih Install zip - choose zip from sd card, pilih file GAPPS yang telah Anda download tadi.
  9. Lakukan wipe cache partition.
  10. Pilih reboot to system.
Setelah proses penginstallan, HH Anda harus disetting. Ikuti langkah berikut.
Setting ROOT:
  1. Silakan masuk ke Settings.
  2. Pilih Developer options.
  3. Pada Root access silakan di-ON-kan.
Setting default SMS dan Telepon:
  1. Silakan masuk ke Settings.
  2. Pilih Dual sim settings.
  3. Pada Fast Call/Message silakan di-ON-kan.
  4. Pada Preferred sim settings, silakan dipilih untuk defaultnya. Kalau saya pilih GSM semuanya.
  5. Untuk mengganti default koneksi data bisa dipilih di Default Data.
Patch 01 :
[download] (silakan install via CWM)
  • Trafic on statusbar
  • Start up application
Fix GPS (Thanks to Ary Bowo) :
  1. Download http://www.4shared.com/file/gg9Jw-vJce/gps.html.
  2. Copy ke system/
  3. Ubah permissionnya menjadi rw-r--r--.
  4. Move ke system/etc
  5. Reboot HH Anda.

Sumber:
- www.bukakotak.com
- http://kamalnote.blogspot.com/

Ditulis Oleh : khoiril anwar // 21:35
Kategori: