Thursday, 22 May 2014

Membandingkan kecepatan internet flexi broadband dan 3

Internet pada zaman sekarang sudah mulai menjadi kebutuhan yang penting, baik bagi pelajar, pekerja maupun orang-orang yang memang menggantungkan bisnisnya lewat internet. Ada banyak sekali pilihan layanan internet yang bisa kita dapatkan di indonesia. Mulai dari yang paling mahal tentu saja kecepatan yang cepat sampai yang paling murah tentu saja dengan kecepatan yang ala kadarnya.

Nah pada kali ini saya akan membandingkan internet yang digunakan oleh operator 3 dengan internet yang digunakan oleh operator telkom flexi. Kenapa kok cuman 2 saja, karena sekarang saya menggunakan layanan internet yang disediakan oleh operator tersebut.









Catatan : Hasil pengujian tidak selalu sama, pada saat pengujian dilakukan keadaan sinyal penuh baik sinyal boradband flexi maupun sinyal HSPA three dan dilakukan di daerah malang. 

Pada pengujian kali ini saya menggunakan program download manager IDM yang digunakan untuk mendownload file di internet sebesar 5,6 MB. berikut tampilan kecepatan downloadnya


Download menggunakan Flexi Broadband


Download menggunakan Three

Dari segi kecepatan three menang telak dibandingkan flexi broadband. Hal ini wajar karena three sudah menerapkan tegnologi 3,5 G (HSPA +) untuk layanan internetnya yang secara teoritis kecepatanya diatas 20 Mbps. Berbeda dengan flexi yang hanya mengandalkan teknologi CDMA EVDO Rev A, yang secara teoritis kecepatanya hanya 3,1 Mbps.

Berikut perbandingan dari layanan internet flexi broadband dan three


Three Flexi Broadband
Biaya langganan Rp. 70.000 quota 8 GB Rp. 50.000 quota unlimited
Kecepatan > 2 Mbps < 1.5 Mbps
Teknologi HSPA + (3,5 G) Evdo Rev A

Mana yang terbaik ? jika anda memang pengguna internet yang sebatas browsing tanpa melakukan kegiatan download file-file besar ataupun kegiatan streaming maka three adalah pilihan tepat. Namun jika anda penyuka download maka pilihan yang tepat adalah menggunakan flexi broadband karena unlimited tanpa embel-embel quota.

Terus penulis memilih mana ? penulis menggunakan dua-duanya dimana three digunakan untuk smartphone android sedangkan flexi digunakan untuk modem komputer

Ditulis Oleh : khoiril anwar // 01:19
Kategori:

0 komentar:

Post a Comment