Mungkin ini pertama kalinya saya mendapatkan kasus berkaitan tentang partiton GPT. Kasusnya adalah seperti ini, saya mendapatkan orderan untuk melakukan instal ulang windows untuk laptop asus X454W. Laptop tersebut sebelumnya telah terinstal windows 8.1 64 bit.

Tanpa pikir panjang setelah, setelah saya siapkan flashdisk instalasi yang berisi windows 7 akhirnya langsung saya booting laptop tersebut menggunakan flashdisk yang berisi windows 7. Namun saya menemukan problem dimana partisi dari hardisk yang saya pilih tidak bisa digunakan karena tipe partitionya adalah gpt.

Saya berpikir mungkin harus di format dulu baru bisa partisi tersebut, akhirnya tetep saja tidak bisa (yah begini kalau melakukan sesuatu tanpa tahu ilmunya terlebih dahulu). setelah googling akhirnya baru nemu bahwa windows 7 32 bit yang akan saya instal di partisi tersebut tidak mendukung partisi dengan jenis GPT. Akhirnya saya mencoba dengan menggunakan windows 8, namun kasusnya tetap sama. Kemungkinan windows 8 kebawah harus menggunakan partisi dengan jenis MBR bukan GPT.



Setelah mencari kesana dan kemari cara mengkonversi GPT ke MBR, penulis menemukan dua cara. 1. Yang pertama memformat hardisk dan mengkonversi menggunakan diskpart lewat cmd. Cara ini memang mengakibatkan data yang di hardisk akan terhapus semua

2. Akhirnya penulis menggunakan cara kedua, dikarenakan tidak harus memformat hardisk terlebih dahulu, Jadi data yang ada di partisi akan aman. berikut caranya



  • Download MiniTool Partition Wizard Bootable CD, file berbentuk ISO. [download]
  • Burn file ISO tersebut ke dalam CD, DVD, atau flashdisk.
  • Lakukan booting dari CD/DVD/flashdisk yang sudah terisi dengan MiniTool Partition Wizard Bootable CD.
  • Setelah melakukan booting, maka sobat akan menemukan beberapa pilihan. Pilih menu Boot from Partition Wizard Boot Disc. Jika gagal, pilih menu Boot from Partition Wizard Boot Disc (Safe Mode).
  • Pada tampilan berikutnya, sobat akan diminta memilih resolusi layar. Pilih 1024×768 (XGA).
  • Setelah itu akan muncul layar utama MiniTool Partition Wizard Bootable CD. Pilih harddisk yang skema partisinya ingin dikonversi (harap berhati-hati, di sini sobat harus memilih harddisk, bukan partisi).


  • Pada panel sebelah kanan, klik Convert MBR disk to GPT disk (apabila sobat ingin mengkonversi GPT ke MBR, klik Convert GPT disk to MBR disk. Pilihan akan menyesuaikan dengan skema partisi harddisk di komputer tersebut).
  • Perlu di ingat bahwa jika jumlah partisi anda melebihi dari 4 partisi primary maka akan gagal. Jadi anda harus mengurangi partisinya sampai maksimal 4 partisi
  • Kemudian klik Apply. Tunggu prosesnya hingga selesai.
  • Setelah proses selesai, tutup MiniTool Partition Wizard Bootable CD.

Setelah selesai mengkonversi GPT ke MBR selanjutnya anda bisa melakukan instalasi windows 8 ke bawah ke hardisk anda.