Friday, 31 March 2017

Mempercepat kinerja komputer

Penyebab Laptop Atau PC Menjadi Lambat itu sangatlah beragam. Tentu kita sebagai pemilik harus benar benar mengetahui penyebab dari kondisi tersebut dan tentunya bisa mencari jalan keluar yang cepat untuk menyelesaikan masalah tersebut. Penyebab dari maslaah tersebut bisa di sebabkan karena ulah manusia itu sendiri dan juga beberapa faktor yang mungkin kita sendiri kurang di mengerti. Kadang kita sering kesal apabila komputer kita lambat atau lemot, dan anda kebingungan untuk bisa mengatasinya dan tentunya harus bolak balik ke tukang servis yang membuat kita juga tentunya tertekan akan hal tersebut.

Berikut beberapa cara untuk mengembalikan komputer kita agar lebih cepat

1. Defrag Hard Disk
Untuk optimalkan kinerja PC kamu, pastikan kamu melakukan perawatan rutin yang diperlukan. Salah satunya adalah men-defrag hard disk. Kebanyakan dari pengguna PC pribadi di rumah tidak memperhatikan pentingnya proses defrag bagi PC. Sebagian juga ada yang tidak mengerti kegunaan dan cara penggunaannya. Padahal proses ini cukup penting untuk kesehatan PC kamu dan tidak sulit untuk dilakukan bahkan oleh pengguna awam.




Apa Kegunaan Defrag Hard Disk?

Penggunaan sehari – hari seperti instalasi dan uninstall program, membuat dokumen atau menghapus dokumen, membuka website – file yang digunakan oleh komputer untuk melakukan tugas – tugas semacam itu terkadang bisa ‘berpindah’ lokasinya di dalam harddisk. Dengan kata lain, file – file ini menjadi terpecah/ fragmented. Begitu kamu ingin menggunakan suatu program untuk melakukan ‘tugas’nya, komputer akan mencari file – file yang dibutuhkan, karena file tersebut terpecah ke berbagai tempat di dalam hard disk. Bayangkan saja bila barang pribadi kamu selalu dipindahkan oleh orang lain ke tempat lain, tentunya kamu harus mencari barang tersebut sebelum dipakai, bukan? Nah, lakukan defrag untuk mengembalikan barang – barang pribadi hard disk ke tempatnya semula.


Bagaimana cara Defrag Hard Disk ?
Buat kamu yang ingin meng-optimalkan kinerja PC, seringkali menemukan bahwa tool defrag dapat membantu. Namun kebanyakan pengguna tidak tahu atau tidak mengerti cara men – defrag hard disk yang baik dan benar sehingga kamu dapat merasakan hasilnya secara optimal.

Start > Accessories > System Tools > Disk defragmenter

2. Menghapus File yang tidak diperlukan
Gunakan Disk Cleanup yang ada pada Windows untuk menghapus file – file yang tidak diperlukan. Klik Start > Accessories > System Tools > Disk Cleanup

 


3. Mengurangi Program Auto Start Pada Saat Awal Windows Berjalan
Pada saat windows berjalan pertama kali anda harus menunggu terlebih dahulu program-program yang berjalan pada Autostart, hal ini mengurangi waktu dan kecepatan pada Komputer anda, sangat membosankan apabila kita saat menghidupkan komputer slalu menungu lama untuk komputer loding. Jika anda termasuk orang-orang yang menghargai waktu dan kecepatan, hilangkan program yang tidak berguna pada Autostart tersebut :
ada beberapa tahapan menghilangkan auto start pada saat windows berjalan:
1. klik start kemudian pilih run – ketikan msconfig – OK /Enter (seperti Gambar di bawah ini )


2. Akan muncul windows baru System Configurasi Utility

3. Pada tab Startup hilangkan tanda centang pada program-program yang akan anda disable, lalu tekan OK.
4. Windows akan meminta restart

4. Uninstall Program yang tidak digunakan
Jika mempunyai banyak software yang tidak terpakai, lebih baik meng-uninstall software tersebut. Karena software tersebut memakai space hardisk danmemory dari PC/Laptop. Gunakan software uninstaller khusus untuk menghapus software yang tidak terpakai beserta file-file sisa software tersebut 

 

5. Memasang Antivirus
Jika operating system yang digunakan di PC adalah Windows, maka pasanglah antivirus di komputer, dan update antivirus secara teratur, baik update engine antivirus maupun update database antivirus. Pasang satu saja antivirus di komputer. Lakukan scanning komputer dengan antivirus secara teratur dan berkala.



6. Upgrade Hardware
Secara hardware, cara mempercepat kinerja komputer yang paling mudah adalah dengan upgrade memori / RAM komputer. Langkah ini terbukti ampuh untuk meningkatkan kinerja dari komputer kita, selain memory RAM kita juga bisa mengupgrade hardisk maupun CPU dari komputer kita

Ditulis Oleh : khoiril anwar // 20:41
Kategori:

0 komentar:

Post a Comment