Tuesday, 15 December 2009

Inilah Hal yang Harus Anda Ketahui Sebelum Ujian


Ujian selalu menjadi momok yang menakutkan bagi para pelajar. Hasil dari ujian terkadang memang dapat menjadi penentu masa depan seseorang. Oleh karena itu, pelajar selalu mencoba mencari cara terbaik agar mereka dapat lulus dari ujian tersebut.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan nilai yang baik. Salah satunya adalah dengan menghindari SKS atau Sistem Kebut Semalam. Pelajarilah bahan ujian jauh hari sebelum hari H agar Anda tidak tergesa-gesa.






Selalu perhatikan guru atau dosen Anda di kelas. Tidak peduli seberapa membosankan guru Anda, lebih baik Anda mendengarkan dengan bersungguh-sungguh. Dengan cara seperti itu, Anda tinggal mengulang bahan ujian Anda nantinya. Setidaknya, saat Anda mempelajari ulang bahan tersebut, otak Anda tidak benar-benar kosong.

Sebelum pergi ujian, ada baiknya Anda mengecek kembali kesiapan peralatan ujian Anda. Cek kembali pena, pensil, penggaris, dan penghapus Anda. Banyak orang yang merasa panik apabila terjadi kekurangan pada peralatan mereka sehingga menjadi tidak konsentrasi dalam mengerjakan ujian. Di saat konsentrasi hilang, seringkali terjadi bahan yang sudah ada di otak menjadi hilang. Jadi, ada baiknya Anda menghindari kekurangan dalam peralatan.

Datanglah setidaknya setengah jam sebelum ujian dimulai. Di masa itu, cek kembali kesiapan Anda, baik peralatan maupun mental Anda. Anda sudah tidak perlu lagi mempelajari bahan karena hal tersebut dapat membuat Anda melupakan keseluruhan bahan yang telah dipelajari. Apabila Anda sudah mulai tegang, segera tenangkan diri Anda. Satu hal lagi, Anda harus percaya diri!





angan terburu-buru dalam menjawab pertanyaan yang ada. Kerjakanlah soal-soal yang menurut Anda paling mudah terlebih dahulu. Kalau Anda mengerjakan soal esai, kerjakanlah soal yang memiliki poin terbesar terlebih dahulu. Gunakan jawaban yang langsung menuju inti jawaban Anda, jangan bertele-tele karena hal tersebut dapat membuang waktu Anda. Setelah selesai mengerjakan soal Anda, periksa kembali jangan sampai ada yang tertinggal atau kosong.

source : chip.co.id

Ditulis Oleh : khoiril anwar // 01:00
Kategori:

0 komentar:

Post a Comment