Wednesday, 3 March 2010

Bagian 1 (pengenalan PHP)

Ingin sekali rasanya berbagi sedikit ilmu ini kepada para pengunjung blog saya tentang PHP. Sebenarnya ketika kuliah tidak pernah diajarkan sama sekali, hehe maklum waktu itu ngambilnya jurusan elektro. Jadi semuanya saya belajari sendiri dari buku dan internet.

Baiklah langsung saja kita mulai ya, jika anda pernah mengunjungi sebuah website maka website tersebut ada dua jenis kemungkinan yaitu :







1. Website statis

Website yang biasanya dibangun tidak menggunakan database dan konten (isi) website tersebut cara mengupdatenya dengan cara manual

2. Website dinamis
Website yang biasanya dibangun dengan menggunakan database dan konten (isi) website tersebut mempunyai halaman admin yang digunakan untuk mengupdate kontenya

Nah mungkin kebanyakan website yang sering kita kunjungi merupakan website jenis kedua yaitu website dinamis. Umumnya website dinamis dibuat dengan bahasa pemprograman web seperti asp ataupun php.

Kelebihan PHP dari bahasa pemrograman lain

  • Bahasa pemrograman PHP adalah sebuah bahasa script yang tidak melakukan sebuah kompilasi dalam penggunaanya.
  • Web Server yang mendukung PHP dapat ditemukan dimana - mana dari mulai apache, IIS, Lighttpd, nginx, hingga Xitami dengan konfigurasi yang relatif mudah.
  • Dalam sisi pengembangan lebih mudah, karena banyaknya milis - milis dan developer yang siap membantu dalam pengembangan.
  • Dalam sisi pemahamanan, PHP adalah bahasa scripting yang paling mudah karena memiliki referensi yang banyak.
  • PHP adalah bahasa open source yang dapat digunakan di berbagai mesin (Linux, Unix, Macintosh, Windows) dan dapat dijalankan secara runtime melalui console serta juga dapat menjalankan perintah-perintah system.



PHP atau bisa disingkat sebagai hypertext preprosessor merupakan bahasa pemprograman yang banyak dipakai saat ini, yang biasanya dipakai untuk membuat website yang dinamis.

Cara kerja website yang dibuat dengan bahasa pemprograman php


Ketika seorang user merequest website user tersebut akan diarahkan ke web server tempat website tersebut. Jika website tersebut dibangun dengan bahasa pemprograman php maka terlebih dahulu halaman tersebut harus diterjemahkan oleh mesin php. Nah baru kemudian hasilnyya akan dikirimkan keppada user yang merequest



Memang ketika kita mengakses website dinamis akan memakan sedikit waktu agak lama dibandingkan dengan website statis hal ini dikarenakan website dinamis harus diterjemahkan kode programnya terlebih dahulu oleh mesin php. Sedangkan website statis tidak perlu.

Ditulis Oleh : khoiril anwar // 21:53
Kategori:

0 komentar:

Post a Comment