Tuesday, 9 April 2013

Update "Kontrol status modem"

Alhamdulillah selesai juga mengerjakan update untuk mengontrol status modem di gammu, update ini penting dikarenakan beberapa user yang kesulitan mengetahui status modemnya apakah terkoneksi dengan sms gateway atau tidak. Jika sebelumnya kita hanya bisa melihat status apakah service dari gammu yang kita buat berjalan atau tidak, contohnya jika statusnya adalah berjalan, ini tidak menjamin bahwa apakah modem terkoneksi dengan benar atau tidak. Penulis menguji coba dengan mencopot modem langsung dan status service gammu pun masih berjalan.
Berikut tampilan kontrol modem sebelum di update

Pada kontrol modem yang lama kita hanya disajikan tentang status dan option untuk menstop service, menjalankan service dan menghapus service.

Berikut tampilan kontrol modem setelah di update


Terdapat penambahan informasi untuk masing-masing modem yang terpasang di sms gateway, diantaranya IMEI, Port, indikator sinyal, diagnosis modem dan status warna modem (error atau normal). Untuk status modem tidak terkoneksi dengan aplikasi maka ditandai dengan warna font merah. Hal bisa disebabkan oleh gagalnya gammu untuk mengkoneksikan dirinya dengan modem tersebut. Untuk mengeceknya kita pastikan dulu bahwa port yang digunakan tidak dipakai oleh aplikasi lain (misal program bawaaan modem), selanjutnya kita jalankan diagnosis modem.

Sedangkan bila modem berjalan dengan normal maka warna font adalah hitam

1. Mematikan service modem yang bersangkutan


2. Mengecek koneksi modem (jika pada langkah ini modem tidak memberikan respond berupa informasi modem, maka pastikan portnya sudah benar dan tidak sedang dipakai oleh program lain)


3. Jalankan service


Jika proses cek modem berhasil, maka warna font akan kembali berwarna hitam

Ditulis Oleh : khoiril anwar // 06:00
Kategori: