Monday, 16 June 2014

Klite mega codec, Codec bermacam-macam jenis format film kalian

Terkadang ketika kita menjalankan file film yang ada di komputer kita tidak bisa, mungkin kita bingung kenapa komputer kita tidak bisa menjalankan format film tersebut ? Ada banyak sekali jenis format film, seperti mkv, avi, mpg, WMV, 3GP, MP4 dan lain-lain. Setiap format film, apabila kita ingin menjalankanya maka kita memerlukan codec untuk membukanya.



Codec adalah nama teknis yang diambil dari singkatan "compression/decompression", atau bisa juga "compressor/decompressor" atau juga "code/decode". Sama, semuanya mengandung arti yang sama, dan ditujukan untuk sebuah program komputer yang berfungsi mengecilkan (compress) file-file, lalu mengembalikannya ke ukuran semua (decompress).







file-file multimedia seperti audio, mp3 atau lagu, dan file-file film atau video, biasanya punya ukuran yang besar. Bahkan kadang sangat besar. Nah, karena ukurannya yang besar, tentu akan sangat merepotkan banyak pihak yang punya banyak kepentingan.

Misalnya pihak penyedia tempat penyimpanan atau yang biasa disebut dengan hardisk, mereka pasti akan repot kalo harus dipaksa menyimpan terlalu banyak file multimedia dengan ukuran yang raksasa. Mereka pasti sewot kalau terus menerus harus mondar-mandir hanya untuk membaca dan menulis satu file film yang ukurannya besar.

Begitu juga pihak-pihak yang berkepentingan untuk mendistribusikan file-file film tadi. Mereka pasti kesusahan bila harus menyediakan banyak tempat hanya untuk mengirimkan satu film. Apalagi kalo mengirimkannya lewat internet. Bisa membutuhkan waktu berminggu-minggu hanya untuk mendownload satu film. Nah, sangat tidak menguntungkan bukan?

Nah, menyadari ketidakuntungan ini, akhirnya dibuatlah sebuah codec yang bisa mempersingkat sinyal-sinyal transmisi dari file-file audio ataupun video. Gunanya untuk mempersingkat waktu yang dibutuhkan saat mengirim file-file tersebut melalui internet.

Nah, setelah file-file film dan lagu tadi di persingkat sinyalnya, lalu, saat sampai ditujuan, file-file tersebut dikembalikan lagi keukuran yang semula. Gunanya, agar file-file tersebut dibica, dibuka dan dinikmati isinya melalui komputer yang sedang adik-adik gunakan saat ini. Nah, jadi berkat jasa si codec ini, adik-adik bisa menikmati film-film yang ada di internet tanpa terlalu banyak membuang waktu untuk menunggu.

Setiap jenis format film memerlukan codec sendiri-sendiri, disinilah kita tidak perlu repot-repot untuk menginstal satu-satu codec untuk jenis-jenis film yang kita miliki. Kita bisa menggunakan kumpulan codec yang di beri nama klite mega codec. Berikut cara pemasanganya

1. download codec di sini [download]

2. Instal seperti biasa

3. Setelah selesai anda bisa menjalankan format-format film yang ada dikomputer kalian

Ditulis Oleh : khoiril anwar // 16:16
Kategori:

0 komentar:

Post a Comment