Setiap ponsel atau modem, baik android atau bukan, yang mahal atau yang murah, yang bermerek terkenal ataupun merek lokal, semuanya pasti memiliki nomor IMEI yang berbeda. IMEI sendiri merupakan singkatan dari International Mobile Equipment Identity.

Nomor IMEI biasanya terdiri dari 15 atau 16 digit. Operator seluler menggunakannya untuk mengidentifikasi perangkat yang terdaftar di jaringan mereka.

Kebanyakan pengguna ponsel atau modem tidak menganggap penting IMEI, apalagi untuk mencatat atau menyimpannya. Padahal, IMEI memiliki fungsi cukup penting. Yang paling terasa, IMEI berfungsi saat ponsel hilang karena jatuh, lupa tempat menyimpannya, atau dicuri.



Jika itu benar-benar terjadi, kamu bisa langsung datang ke gerai operator seluler yang kamu gunakan kemudian mberikan nomor IMEI dan nomor kartu yang kita gunakan. Dengan begitu, ponsel kamu bisa dilacak atau nomor ponselnya bisa diblok dan perangkatnya bisa dikunci untuk sementara.

Untuk melacak smartphone Android yang hilang, kamu bisa juga menggunakan teknologi Google. Dengan catatan, smartphone kamu pernah terhubung ke Internet, GPS kita aktif, dan smartphone tersebut dalam keadaan aktif.

Nah jika anda pengguna sms gateway dan akan memasang lebih dari satu modem dalam aplikasi sms gateway anda, maka harus anda pastikan modem yang dimiliki harus memiliki IMEI yang berbeda. Dalam beberapa kasus jika anda menggunakan modem pool maka setiap slot modem yang di pakai memiliki IMEI yang sama. Nah jika anda memasangkan di aplikasi SMS gateway dimana setiap modem memiliki IMEI yang sama, akan mengakibatkan hanya satu modem saja yang akan dikenali.

Untuk mengganti IMEI modem yang kita pakai dapat menggunakan cara berikut ini.

1. Membuat Koneksi Hyper Terminal

Jika anda menggunakan windows XP maka anda bisa langsung membukanya di
- Start=>All Program=>Accesoris=>Comunication=>Hyper Terminal.
- Atau lebih cepat klik Start - Run - ketik "HYPERTRM" dan ENTER.

Namun jika anda menggunakan windows 7 keatas anda bisa mencari Hyperterminal Portable di google

Setelah itu akan muncul dialog untuk mengisikan Conection Name seperti dibawah ini


Masukan nama koneksinya misalkan Wavecom Klik OK

Selanjutnya akan muncul dialog lagi Connect To, pada bagian Connet using pilih port com dimana modem terhubung dengan PC.


Setelah itu akan klik tombol OK, maka akan muncul dialog lagi


Isikan Bit Per Second sesuai dengan Baudrate yang dipakai modem

Selanjutnya akan muncul layar putih seperti berikut ini.


Untuk pengetest ketikan perintah AT bila respone yang dihasilkan pada layar adalah OK, berarti anda telah sukses membuat koneksi ke Modem.

2. Ganti/Ubah IMEI Modem

Setelah layar terbuka dan Hyperterminal terkoneksi dengan modem selanjutnya jalankan perintah berikut

AT+WIMEI=IMEI-YG-DIINGINKAN -->ENTER

Contoh : AT+WIMEI=00112254785845 -->ENTER
Respon : OK

Kemudian ada Cek IMEI modem anda dengan cara ketik :
AT+CGSN --> Enter