Friday, 18 December 2015

Instalasi XAMPP 1.8.1

Ada beberapa paketan webserver yang didalamnya sudah berisi webserver apache dan mysql yang bisa kita temui di internet. Salah satunya adalah XAMPP yang akan kami berikan tutorial dalam instalasinya. Kenapa penuslis menggunakan XAMPP versi 1.8.1 ? karena versi tersebut adalah versi yang kompatibel dengan program sms gateway yang penulis buat.

Berikut langkah yang bisa lakukan untuk melakukan instalasi xampp :

1. download xampp 1.8.1 di [download]

2. Selesai download jalankan dengan cara klik dua kali file yang sudah di download tadi kemudian klik ok


3. Klik next untuk melanjutkan instalasi


4. Pada jendela yang muncul berikutnya, Jangan lupa klik 3 kotak pada service section. Yaitu anda harus menginstall apache as service, mysql as service dan filezilla as service. klik saja [Install], dimana shortcut untuk menjalankan XAMPP akan ada di desktop dan di menu Start.


5. Selanjutnya anda akan di tanya lokasi instalasi xampp nya. Jika anda ingin merubahnya klik tombol browse dan pilih letak xampp akan di instal


6. Tunggu hingga instalasi selesai


7. Klik tombol finish ketika instalasi sudah selesai


8. Anda akan mendapatkan pilihan, apakah akan menjalankan XAMPP Control Panel sekarang atau lain kali. Klik tombol Yes bila Anda akan menjalankannya.

9. Kalau Windows Firewall anda aktif maka anda akan mendapat peringatan karena dianggap berbahaya. Klik tombol Allow acces bila Anda tetap ingin melanjutkanya.


10. Sekarang silahkan buka xampp control panel anda


11. Klik simbol x (warna merah) pada apache dan mysql untuk menginstal service apache dan mysql. Fungsi menginstal service ini digunakan agar apache dan mysql akan berjalan otomatis ketika komputer kita di nyalakan. Setelah anda mengklik simbol x maka jika servicenya sudah terinstal akan di tanda dengan berubahnya simbol x (warna merah) dengan simbol centang (warna hijau)

12. Setetlah melakukan instalasi service, sekarang jalankan service apache dan mysql dengan cara memilih tombol start.

Jika xampp error ketika menjalankan service apache dan mysql, anda bisa menjalankanya di services.msc. Caranya :
  - Buka run (symbol windows di keyboard + R)  ketik services.msc
  - Cari service yang bernama apache dan mysql klik kanan start


13. Sekarang buka browser anda dan ketikkan alamat http://localhost


Selamat anda telah berhasil melakukan instalasi XAMPP selanjutnya untuk melakukan instalasi dari sms gateway anda cukup meletakkan folder sms gateway di folder c:/xampp/htdocs/

Ditulis Oleh : khoiril anwar // 01:03
Kategori:

0 komentar:

Post a Comment