Javascript merupakan bahasa pemrograman yang sangat populer dalam pengembangan aplikasi web. Bahasa ini digunakan untuk membuat interaksi yang dinamis antara halaman web dan pengguna. Salah satu cara yang umum digunakan untuk menuliskan Javascript adalah dengan memasukkannya ke dalam file HTML. Namun, sebenarnya menuliskan Javascript di HTML itu mudah. Artikel ini akan membahas cara menuliskan Javascript di dalam file HTML dengan mudah.


  1. Menambahkan tag script Cara paling mudah untuk menambahkan Javascript ke dalam file HTML adalah dengan menambahkan tag script. Tag ini dapat diletakkan di dalam tag head atau tag body. Berikut adalah contoh sederhana penambahan tag script:
php
<!DOCTYPE html> <html> <head> <title>Contoh Halaman HTML</title> <script> // Tuliskan kode Javascript di sini </script> </head> <body> <h1>Ini adalah judul halaman</h1> <p>Ini adalah paragraf pertama.</p> </body> </html>
  1. Menyisipkan kode Javascript Setelah menambahkan tag script, selanjutnya kita perlu menyisipkan kode Javascript. Kita dapat menuliskannya di dalam tag script seperti contoh di atas. Berikut adalah contoh sederhana kode Javascript:
php
<script> var pesan = "Halo dunia!"; alert(pesan); </script>

Kode di atas akan menampilkan kotak pesan yang berisi teks "Halo dunia!".

  1. Memisahkan file Javascript Ketika kode Javascript semakin kompleks, lebih baik untuk memisahkannya ke dalam file terpisah. Hal ini memudahkan pengelolaan dan perawatan kode Javascript. Untuk memisahkan file Javascript, kita perlu menambahkan atribut src pada tag script. Berikut adalah contoh sederhana penambahan file Javascript terpisah:
php
<!DOCTYPE html> <html> <head> <title>Contoh Halaman HTML</title> <script src="script.js"></script> </head> <body> <h1>Ini adalah judul halaman</h1> <p>Ini adalah paragraf pertama.</p> </body> </html>

File script.js berisi kode Javascript yang ingin kita tambahkan ke dalam halaman HTML.

Dalam kesimpulannya, menuliskan Javascript di HTML itu mudah. Kita dapat menambahkan tag script di dalam file HTML dan menuliskan kode Javascript di dalamnya. Kita juga dapat memisahkan file Javascript ke dalam file terpisah untuk memudahkan pengelolaan dan perawatan kode. Dengan memahami dasar-dasar Javascript dan cara menuliskannya di HTML, kita dapat membuat halaman web yang lebih interaktif dan dinamis.