Text formatting (format teks) adalah salah satu cara untuk membuat teks pada halaman web menjadi lebih menarik dan mudah dibaca. Di HTML, terdapat beberapa tag yang digunakan untuk melakukan text formatting pada teks, seperti <b>, <i>, <u>, <s>, <sup>, <sub>, dan <small>. Dalam artikel ini, saya akan menjelaskan tentang text formatting di HTML dan cara membuatnya.


  1. Bold text (Teks tebal) dengan tag <b> Tag <b> (bold) digunakan untuk membuat teks menjadi tebal. Berikut adalah contoh kode HTML untuk membuat teks tebal:
css
<p>Ini adalah <b>teks tebal</b></p>

Dalam contoh di atas, kita membungkus teks yang ingin dijadikan teks tebal dengan tag <b>.

  1. Italic text (Teks miring) dengan tag <i> Tag <i> (italic) digunakan untuk membuat teks menjadi miring. Berikut adalah contoh kode HTML untuk membuat teks miring:
css
<p>Ini adalah <i>teks miring</i></p>

Dalam contoh di atas, kita membungkus teks yang ingin dijadikan teks miring dengan tag <i>.

  1. Underline text (Teks bergaris bawah) dengan tag <u> Tag <u> (underline) digunakan untuk membuat teks menjadi bergaris bawah. Berikut adalah contoh kode HTML untuk membuat teks bergaris bawah:
php
<p>Ini adalah <u>teks bergaris bawah</u></p>

Dalam contoh di atas, kita membungkus teks yang ingin dijadikan teks bergaris bawah dengan tag <u>.

  1. Strikethrough text (Teks coret) dengan tag <s> Tag <s> (strikethrough) digunakan untuk membuat teks menjadi tercoret. Berikut adalah contoh kode HTML untuk membuat teks tercoret:
php
<p>Ini adalah <s>teks tercoret</s></p>

Dalam contoh di atas, kita membungkus teks yang ingin dijadikan teks tercoret dengan tag <s>.

  1. Superscript text (Teks atas) dengan tag <sup> Tag <sup> (superscript) digunakan untuk membuat teks menjadi posisi atas. Berikut adalah contoh kode HTML untuk membuat teks menjadi posisi atas:
css
<p>Ini adalah teks <sup>atas</sup></p>

Dalam contoh di atas, kita membungkus teks yang ingin dijadikan teks atas dengan tag <sup>.

  1. Subscript text (Teks bawah) dengan tag <sub> Tag <sub> (subscript) digunakan untuk membuat teks menjadi posisi bawah. Berikut adalah contoh kode HTML untuk membuat teks menjadi posisi bawah:
php
<p>Ini adalah teks <sub>bawah</sub></p>

Dalam contoh di atas, kita membungkus teks yang ingin dijadikan teks bawah dengan tag <sub>.

  1. Small text (Teks kecil) dengan tag <small> Tag <small> digunakan untuk membuat teks menjadi lebih kecil. Berikut adalah contoh kode HTML untuk membuat teks menjadi lebih kecil:
php
<p>Ini adalah <small>teks kecil</small></p>

Dalam contoh di atas , kita membungkus teks yang ingin dijadikan teks kecil dengan tag <small>.

  1. Text formatting dengan CSS Selain menggunakan tag HTML untuk melakukan text formatting, kita juga dapat menggunakan CSS (Cascading Style Sheets) untuk memformat teks pada halaman web. Contoh kode CSS untuk memformat teks menjadi tebal, miring, dan bergaris bawah adalah sebagai berikut:
css
p { font-weight: bold; font-style: italic; text-decoration: underline; }

Kode CSS di atas akan memformat semua elemen <p> pada halaman web menjadi teks tebal, miring, dan bergaris bawah.

Demikianlah penjelasan tentang text formatting di HTML dan cara membuatnya. Dengan menggunakan tag HTML dan CSS, kita dapat membuat teks pada halaman web menjadi lebih menarik dan mudah dibaca. Namun, perlu diingat untuk tidak terlalu berlebihan dalam melakukan text formatting, sehingga tidak mengganggu pengalaman pengguna dalam membaca konten halaman web.